Kamis, 17 Agustus 2017

Geo, Buku dan Petualangan

Ada 3 tema yang akan saya bawakan. Geo, Buku dan Petualangan.

Ketiga hal tersebut mungkin akan terkesan mengikuti seseorang, namun nyatanya tidak. Tiga tema diatas mewakili 3 kegiatan yang berbeda namun dapat berjalan secara paralel.

Geo yang secara konteks kuartikan sebagai geografi, sebuah jalan akademik yang mencakup kehidupan sehari-hari yang telah kupilih dan harus kuperjuangkan. Geografi membahas banyak hal tentang bumi. Mulai dari bawah bumi, permukaan, dan diatasnya bahkan kehidupan yang bergulir di dalamnya juga merupakan geografi. 

Kegiatan yang berkaikan dengan Geo akan kusebut dengan Management Geographic. Management Geographic akan berfokus dalam penyampaian ilmu geografi dan manajemen-menejemen yang diperlukan untuk menjadi seorang geografer.

Buku, adalah sebuah investasi. Kegiatan yang berhubungan dengan buku akan saya beri istilah Pustaka Travelikay. Buku harus disebar ke penjuru negeri bahkan dunia. Butuh mobilisasi yang tinggi agar buku dapat sampai ke tangan pembaca. Dengan menggunakan tas punggung (backpack) sebagai alat bantu untuk membawa buku-buku ke tempat-tempat yang akan disinggahi sehingga muncullah projek Pustaka Backpaker. Dalam tema ini, projek Pustaka Backpacker akan berusaha konsisten untuk terus membuka lapaknya terutama di dua tempat yang sudah diterima yaitu kampus Fakultas Geografi UGM dan Opposite Cafe. Semoga kelak dapat menjadi bagian dari #PustakaBergerak.

Tema terakhir adalah petualangan. Hidup itu petualangan. Petualangan telah dimulai dan harus terus berjalan. Dalam menunjukkan apa itu perjalanan ke publik, kupilih Travelikay sebagai call-sign. Ekspedisi resmi yang pertama yaitu Ekspedisi Atap Jawa yang telah menuntaskan atap Jawa Tengah kemudian akan dilanjutkan ke Jawa Barat lalu kemudian Jawa Timur dengan Mahameru sebagai pamungkas Jawa, seperti yang pernah kuceritakan. Karena aku berjalan, maka aku ada.

Ketiga tema diatas akan mengangkat isu-isu yang sangat kutertariki. Sebagian besar projek-projek yang akan terbentuk tidak dapat berdiri diatas satu tema sendiri. Seperti projek Ekspedisi Atas Jawa yang secara resmi diperlihatkan sebagai projek Travelikay, namun dalam prakteknya ternyata ada unsur manajemen-manajemen geografer yang dimasukkan seperti pemetaan jalur pendakian. Atau projek Pustaka Backpacker yang untuk beberapa tempat akan menampilkan buku-buku bergenre ilmu geografi dan petualangan. 

Doa kan saja, semoga damai dunia beserta isinya.

M(anagement) Ikkikay


Tidak ada komentar:

Posting Komentar