Senin, 26 November 2018

Notulensi Diskusi Petualang #1



 Beribadah di lapangan , sebagai geograf muda bagaimana tata cara kita beribadah yang sah ketika di lapangan. Tujuan diskusi ini ialah untuk membantu teman teman yang berkegiatan di lapangan agar tidak meninggalkan ibadah.
Fokus pembahasan lebih kea rah tata cara pelaksanaan ibadah sholat ketika di lapangan. Perjalanan , secara istilah ada beberapa istilah atau ketentuan yang harus dipenuhi yang disebut dengan shafar.
Syarat shafar yang agar mndapat keringanan
1.      Bukan untuk maksiat . Shafar dapat bersifat wajib, mubah, sunnah, makruh, contoh bepergian untuk merampok orang itu haram. Shafar yang bersifat wajib seperti naik haji dan membayar hutang. Sunnah seperti berniat silaturahmi kerumah saudara, Bersifat mubah seperti berdagang. Jarak minimal bepergian yang mendapat keringanan 85 km.
Keringanan berupa :
Mengkhosor sholat, dari 4 raka’at menjadi 2 raka’at. Menjamak sholat antara dzuhur dan ashar dan maghrib dengan isya. Syaratnya bersuci, mengusap kaki . DIperbolehkan untuk tidak berpuasa, mengerjakan holat di atas kendaraan dengan syarat ketika takbiratul ikhram menghadap kiblat dan boleh minggalkan sholat sunnah rawatib. Diperbolehkan untuk tayamum ketika tidak menemukan air.

Sholat kosor : Sholat yang diperbolehkan untuk di khosor yaitu berjumlah 4 rakaat , dengan syarat shafar bukan shafar maksiat, jarak yang ditempuh diprbolehkan ketika memenuhi batas minimal yaitu 85km Sholat yang di kosor dilakukan bukan pada waktunya. Ketika takbir harus niat mengkosor sholat dan tidak sah jika dilakukan sebelum takbir maupun seelah salam. Tidak dibolehkan menjadi makmum bagi sholat yang sempurna.
Sholat Jama’ : Megumpulkan antara 2 sholat yang dilaksanakan dalam salah satu waktu, di awal jama’ takdim dan di akhir jama’ takhir. Jamak ta’dim dzuhur dan ashar ada 3 + 2 . Syarat jama’ ta’dim di awal pelaksanaan sholat yaitu harus tertib dzuhur dulu baru ashar .. kalo maghrib dan isya maka maghrib dulu baru isya. KArena jika tidak urut maka tidak shah . syarat edua harus ada niat jamak sholat . Syarat ketiga harus mualak , tidak ada jarak terlalu lama… Syarat keempat, masih dalam perjalanan . Kelima masih dalam wkatu sholat yang pertama.
Jama; takkhir syarat berbeda dari jamak ta’dim . Syarat hanya 2 , yaitu syarat melaksanakan holat jma’ takhir tapi di akhhir , niat melaksanakan jamak takhir .

Ada yang membolehkan sholat jama ketika ridak dalam keadaan shafar seperti hujan
Syarat pertama :
Antara sholat maghrib dan isya disebabkan oleh hujan dengan syarat hjan ketika hjan bukan hanya hujan grimis kemudian hujan turun sebelum takbiratul ikhram yang pertama atau pas takbiratul ikhram da berlanjut hingga salam sholat yang pertama.Harus ada

Dulu shafar itu jalan kaki, jarak dihitung pake langkah kaki hasta depa. Waktu yang diperbolehkan sholat itu jika waktunya lama. Kalau sekarang sudah menggunakan pesawat mobil dan lain lain. Ruhsoh atau keringanan tidak diberikan kepada mereka yang melakukan pekerjaan setiap hari. Pekerjaan perjalanan seperti tukang pos.

Pertanyaan :
1.      Pengalaman di lapangan mas arifin
2.      Ketika diklatsar di hari jumat tapi tidak melaksanakan jumatan
3.      Ada tidak sholat jama’ qasar. Batas waktu sholat itu sampai kapan?

Jawab:
1.      Pengalaman mas ketika diklatsar, jogja karanganyar sudah 85 km lebih dengan tujuan pendidikan dan shafarnya bukan shafar maksiat.        Bisa melaksanakan jama’ dan qasar ketika bersamaan. Seperti waktu diklatsar. Kalo ada air buat masak sama minum daripada wudhu, air diutamakan untuk minum dan boleh untuk tayamum. Tayamum hanya untuk satu sholat fardhu, jadi kalo mau jamak harus tayamum lagi. Sholat ketika di pesawat untuk menghormati waktu tanpa harus meninggalkan sholat jadi mirip ketika sholat ketika duduk.
2.      Ketika hari jumat di lapangan. Syarat wajib sholat jumat ada 7 , muslim baligh , berakal, merdeka, sehat, ketika tidak shafar. Syarat ketika dia diperbolehkan tidak sholat seperti ketiduran.
3.      Ketika ditengah jamaah terus kentut nah mau keluar dari shaf gabisa jadi menunggu hingga hingga selesai jamaah.
Jama’ qasar ada , bisa barengan boleh jama’ ta’dim atau ta’khir.
Jama qashar boleh berjamaah? Boleh
Batas waktu sholat pake hp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar