Selasa, 08 Mei 2018

Makna Cinta #1

Cinta tidak selalu tentang menyukai lawan jenis, menyembunyikan lalu mengungkapkannya, kemudian patah hati. Siklus cinta. 

Seseorang dibuat jatuh cinta karena itulah cara Tuhan mengingatkannya untuk bangkit lagi. Patah hati adalah alasan untuk kembali meluruskan niat.

-M Ikkikay-


Perjalanan hari yaitu berkunjung ke sekolah Sanggar Anak Alam (SALAM) di Bantul. Sekolah ini berada di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. 

Awalnya rencana kunjungan kesini hanya sekedar menemani kakak pegiat pendidikan yang juga “guru spiritual” ku. Namun setelah sampai kesini dan menemukan keceriaan anak-anaknya, aku jatuh jatuh cinta kepada mereka. Mungkin keceriaan-keceriaan yang mereka alami tidak kualami ketika umurku dahulu sepantaran dengan mereka. 

Kebebasan mereka dalam mengekspresikan diri, adalah hak mereka. Mereka bebas belajar dimana saja, sambil bermain, sambil memanjat pohon, bahkan sambil mengganggu tamu sepertiku. Karena memang usia mereka adalah usia untuk mengekplorasi diri, mengenal dan mencoba berbagai hal secara mandiri kemudian menjadi ingatan jangka panjang yang kapan saja dapat tergali.

Sistem pendidikan di SALAM ini adalah sistem pendidikan yang me-merdeka-kan. Mulai dari tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD hingga SMP semuanya bermain dalam satu lingkungan, mereka semua sama. Tidak ada bangku-bangku dan kelas serta papan tulis kapur. Meminjam istilah aktivis asal Papua, “menanam pantat”, untuk sekedar mendengarkan ocehan panjang lebar guru yang entah bercerita apa juga belum pasti dimengerti di dalam kelas.

Beberapa jam saja bercerita dengan pendiri, kepala sekolah, wali siswa, dan bermain dengan siswa SALAM adalah kenangan yang tidak akan terlupakan. Semoga janjiku kepada anak-anak itu untuk kembali lagi kesana dapat terpenuhi, semoga saja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar